You will find the...

 

 

SILOLOA.COM -- Mahasiswi IAIN Ternate, Aranda Nerry mencatat prestasi membanggakan pada ajang Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Utara tahun 2023. Ia berhasil terpilih sebagai runner up kategori putri pada puncak penganugerahan Duta Bahasa Malut 2023 yang berlangsung di Sahid Bela Hotel Ternate, Selasa (27/6/2023).

Mahasiswi semester enam pada program studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ternate, ini awalnya terpilih sebagai 10 finalis, setelah bersaing ketat dengan 80 peserta, dalam melewati sejumlah tahapan yang ditetapkan pihak penyelenggara.

Kepala kantor Bahasa Provinsi Maluku Arie Andrasyah Isa, menuturkan kegiatan pemilihan Duta Bahasa provinsi Maluku Utara tahun 2023, pada prinsipnya mengusung misi melahirkan generasi muda yang siap menerjemahkan dan menyelaraskan cita-cita pemuda Angkatan 1928 dalam tindakan nyata sesuai dinamika perkembangan zaman. Dia menilai, ajang ini setidaknya mampu memantik peran pemuda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, dan juga memperkuat jati diri dan daya saing bangsa.

“Untuk tahun 2023 ini tujuan pemilihan Duta Bahasa adalah meningkatkan peran generasi muda di Indonesia, dalam memantapkan funggsi bahasa Indonesia dan bahasa daerah, serta bahasa Asing sesuai dengan ranah penggunaan masing-masing, guna memperkuat karakter, martabat dan daya saing bangsa pada era 4.0,” terangnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa peserta yang terlibat pada ajang pemilihan Duta Bahasa Maluku Utara 2023, diikuti oleh 80 peserta dari sejumlah Perguruan Tinggi di Maluku Utara. Dari jumlah tersebut kata dia, diseleksi hingga terpilih menjadi 10 finalis, dan yang terpilih menjadi yang terbaik nantinya mewakili Maluku Utara untuk mengikuti ajang pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional pada Agustus mendatang.

 “Ajang pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Utara 2023 diikuti 80 peserta, dan mereka yang terpilih setelah berhasil lolos pada tahap pemeriksaan administrasi, kemudian tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), kemudian dijalani karantina dan dinilai untuk penentuan pemenang,” ungkapnya

Sementara Rektor IAIN Ternate Radjiman Ismail, mengatakan prestasi yang raih Aranda Nerry setidaknya menghadirkan kebanggaan bagi sivitas akademika IAIN Ternate. Dia menilai pada tahun 2023 ini, sejumlah mahasiswa IAIN Ternate mengikuti berbagai ajang, baik pada level regional, nasional, maupun internasional dan meraih prestasi yang membanggakan.

“Pada Mei lalu, salah satu mahasiswa kami di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), juga mengharumkan nama IAIN Ternate pada lomba karya tulis ilmiah, di ajang Annual Internasional Conferences on Islamic Education for Student (AICOIES) 2023, dan alhamdulillah prestasi Aranda pada ajang Pemilihan Duta Bahasa Malut 2023 ini juga menghadirkan kebanggaan bagi kami,” tutur Radjiman.

“Semoga prestas Aranda dapat menginspirasi semua mahasiswa di IAIN Ternate, dan tentunya selaku pimpinan kami cukup bangga,” imbuhnya.

Kandidat Guru Besar IAIN Ternate ini mengaku prestasi yang ditorehkan sejumlah mahasiswa pada berbagai ajang, memang tidak terlepas dari peran serta sejumlah pihak di kampus, menurutnya, mereka lah yang terlibat dalam mendukung pengembangan bakat dan minat mahasiswa. Sehingga, dari perhatian tersebut, kata dia memantik mahasiswa untuk menunjukkan bakat mereka dan terpilih mengikuti sejumlah ajang perlombaan.

“Bulan maret lalu, kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara melaksanakan sosialisasi pemilihan Duta Bahasa Malut di IAIN Ternate, dari kegiatan tersebut kami meminta kepada mahasiswa untuk terlibat dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Maluku Utara. Dan, dari enam mahasiswa kami yang berpartisipasi hanya menyisakan Aranda Nerry yang lolos pada 10 finalis dan berhasil menjadi runner up kategori putri,” ungkapnya

Radjiman mengungkapkan pengembangan bakat dan minat mahasiswa merupakan salah satu aspek terpenting yang terintegrasikan dalam visi pengembangan IAIN Ternate, hal ini kata dia tercermin dari tagline IAIN Ternate yakni Cerdas Berkarya dan Sukses Bersama.

“Sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan tertua di Maluku Utara, kami terus melakukan terobosan dalam menghadirkan SDM Unggul di Provinsi Maluku Utara. Untuk itu, selain perhatian pada aspek pendidikan yang dianggap sebagai hal utama, di samping itu bakat dan minat mahasiswa juga menjadi perhatian,” paparnya.

Terpisah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ternate, Abu Sanmas mengapresiasi prestasi yang ditorehkan mahasiswanya pada ajang Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Utara tahun 2023.

Dia mengatakan, Aranda Nerry merupakan salah satu mahasiswi yang berbakat pada program studi Perbankan Syariah, sehingga menurutnya prestasi yang diraih Aranda setidanya dapat memantik mahasiswa di FEBI maupun mahasiswa pada sejumlah fakultas di IAIN Ternate, agar lebih giat belajar untuk meraih prestasi pada berbagai ajang perlombaan.

Untuk diketahui 10 finalis Duta Bahasa Maluku Utara tahun 2023, diantaranya Ade Riski Aprilian Abdul Rahman, Alifya Salsabila M, Aranda Nerry, Aris Sandy, Faisal Turuy, Faradilla Nukila Rahman, Fikri Febriansah Nijar, Gilang Ramadan I Hi Ali, Ratus Balqis Ibrahim dan Thelsya Adhelien Ode. Dan, yang terpilih menjadi juara 1 kategori putra dan putri adalah Faisal Turuy dan Ratus Balqis Ibrahim dari Universitas Khairun Ternate (Admin)