You will find the...

SILOLOA.COM -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, provinis Maluku Utara menjalin kerjasama dengan Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS), kerjasama tersebut dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) antara kedua pihak.

Penandatanganan MoU yang dilakukan rektor IAIN Ternate Dr Radjiman Ismail, M.Pd, dan Vice Chancellor Unimas Prof Datuk Dr Mohamad Kadim Suadi, dan Deputy Vice Chancellor Academic and Internatonal Unimas, Prof Dr Ahmad Hata Rasit,  di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Forum Wakil Rektor Bidang Kerjasama PTKIN, yang berlangsung di Hotel Aston, Pontianak, Kamis (13/7) pekan lalu, disaksikan oleh Direktur Diktis Kemenag RI, Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag dan para Wakil Rektor Bidang Kerjasama PTKIN yang mengikuti kegiatan tersebut.

Usai menyaksikan penandatanganan MoU antara IAIN Ternate dengan UNIMAS Malaysia, Direktur Diktis Kemenag RI, Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag mengatakan bahwa saat ini sejumlah perusahaan besar dalam melakukan rekrutmen tenaga kerja, tidak lagi memandang ijazah, melainkan keterampilan yang dimiliki oleh setiap individu.

Sehingga, menurut dia terobosan-terobosan penting harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi, dalam rangka penyiapan SDM Unggul untuk menghadapi dunia usaha yang semakin kompetetitif di era kecanggihan teknologi saat ini.

“Jika kita hanya mengandalkan ijazah, tanpa memberikan tuntutan sesuai dengan kondisi saat ini, maka kita akan ditinggalkan. Oleh karena itu, selain dilakukan penandatanganan MoU, harus diperkuat dengan Memorandum Of Agreement (MoA),” terangnya

Selain mengingatkan pentingnya membangun SDM Unggul, Ahmad Zainul Hamdi juga mengharapkan kepada seluruh PTKIN, harus menunjukkan semangat kompetitif di tingkat nasional. Selain itu, mantan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Ampel Surabaya, juga berharap kepada PTKIN untuk menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi di luar negeri. Kerjasama tersebut, menurutnya menghadirkan beragam manfaat untuk Perguruan Tinggi, dan tentunya berdampak pada masyarakat.

Sementara Vice Chancellor Universiti Malaysia Sarawak, Prof Datok Dr Muhammad Kadim Suaidi, mengapresiasi kerjasama antara IAIN Ternate dengan UNIMAS Malaysia, ia mengatakan sebelumnya mereka juga menjalin kerjasama dengan sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia maupun di Tiongkok.

“Ini adalah fokus kami untuk meraih keberhasilan dalam Going Global, maka apa yang telah kami lakukan sangatlah signifikan dan kami menghargainya,” paparnya

Lebih lanjut, Datok Muhammad Kadim Suaidi, mengungkapkan dalam setiap kerjasama dengan setiap perguruan tinggi di berbagai negara, pihaknya juga menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan studi di UNIMAS.

“Tahun 2022 lalu, kami memiliki 130 mahasiswa dari Tiongkok yang belajar di kampus kami. Dan saat ini, kami memiliki 700 mahasiswa dari berbagai negara yang kuliah di Unimas, sehingga dari kerjasama ini kami akan menyambut dan menerima mahasiswa dari Indonesia.” tandasnya

Sedangkan Deputy Vice Chancellor Academic and International Unimas, Prof Dr Ahmad Hata Rasit mengatakan ada beberapa hal penting yang menjadi kesepakatan dalam MoU, seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, join penelitian dan pengajaran, studi lanjut pada S-2 dan S-3, serta konferensi dan seminar internasional.

“Ini sangat penting dilakukan dalam rangka pengembangan mutu akademik kedua kampus,” ucapnya

Sementara rektor IAIN Ternate Dr Radjiman Ismail, M.Pd menuturkan, MoU dengan Universiti Sarawak (UNIMAS) Malaysia pada prinsipnya untuk penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dia mengaku kerjasama dengan dua Perguruan Tinggi Malaysia tersebut, merupakan bagian dari konsep pengembangan SDM di IAIN Ternate yang telah direncanakan.

“bahwa penandatanganan MoU ini adalah langkah awal bagi kita (IAIN Ternate, red) untuk melakukan kegiatan internasional terkait tri dhrama perguruan tinggi,” tuturnya

Lebih jauh, Radjiman mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan terobosan dalam menyiapkan SDM unggul di Maluku Utara, sehingga melalui kerjasama dalam rangka pengembangan mutu akademik, antara IAIN Ternate dengan UNIMAS Malaysia, pihaknya berharap nantinya menghadirkan beragam manfaat dalam pengembangan SDM di IAIN Ternate.

“Kerjasama ini tentu memberi manfaat yang banyak antara kedua pihak. Sebab, nantinya kami berkolaborasi dalam kegiatan penelitian, PKM, pertukaran mahasiswa atau KKN, konferensi dan seminar internasional dan kegiatan lainnya yang bersentuhan dengan dunia akademik,” ungkapnya

Terpisah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Ternate Dr Mubin Noho, S.Ag.,M.Ag menyatakan pendandatanganan nota kesepahaman (MoU), sesuai rencana bukan hanya dengan  Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS), melainkan juga dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, namun MoU dengan UiTM belum dapat dilakukan, lantaran rektor UiTM menunaikan ibadah haji.

“Walaupun ditunda, tapi kami mendengar presentasi yang disampaikan perwakilan dari Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, pada saat berlangsungnya acara penandatanganan MoU antara IAIN Ternate dengan UNIMAS Malaysia, kami sudah mendapat gambaran jelas, prinsipnya kami menunggu informasi dari mereka,” akunya

Mubin juga bilang, bahwa selain penandatangangan nota kesepahaman (MoU), IAIN Ternate juga telah mengirim dua dokumen Memorandum Of Agremement (MoA) ke UNIMAS. MoA tersebut kata Mubin, nantinya dikaji dan ditelaah oleh UNIMAS kemudian menyampaikan ke IAIN Ternate untuk ditindaklanjuti. (Admin)